Selasa, 23 September 2014

Ayam Goreng Lengkuas

Ayam goreng adalah menu yang wajib ada di kulkas setiap hari. Lebih karena My Kiddos demen banget yang namanya ayam goreng ini. Sebenarnya bukan ayam goreng sih, tapi yang berjudul 'ayam;. Hanya saja yang paling sering saya siapkan untuk menu sehari-hari adalah ayam goreng. Dengan memasaknya 1x seminggu kemudian ditaruh di kulkas, dan Nanny tinggal menggoreng aja untuk lauk mereka.. Just simple kan :d. Dan bagian ayam ini yang paling sering diperebutkan adalah kepala ayam. Jadi sering kali saya mengungkep ayam ini hanya bagian kepala dan pahanya saja.

Nah karena saya bosan dengan bumbu ungkep yang hanya itu2 saja, maka saya coba mengungkep ayam ini dengan bumbu lengkuas yang banyak, sehingga saya beri nama Ayam Goreng Lengkuas. Awalnya karena ketika saya menggoreng dan ada sedikit lengkuas yang menempel pada ayam terasa renyah dan enak di lidah, sehingga saya mencoba untuk memberikan lengkuas parut ini lebih banyak di bumbu ungkepnya. Ternyata Miss Lebay, anak saya yang pertama, sangat menyukai si bumbu lengkuas ini. Cuma Miss Rempong, anak saya yang kedua, kurang menyukainya karena katanya si lengkuas parut ini tertinggal di tenggorokannya.

Lengkuas atau yang biasa orang sebut dengan 'Laos' merupakan jenis tumbuhan umbi2an yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun rendah, dengan nama latin Alpinia galanga. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional. Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara mememarkan rimpang kemudian dicelupkan begitu saja ke dalam campuran masakan, ataupun dengan di parut. Sdangkan untuk pengobatan tradisional yang banyak digunakan adalah lengkuas merah.

Lengkuas ini ternyata juga menyimpan banyak manfaat lho.. *jujur saya baru tahu setelah googling tentang lengkuas ini *, diantaranya :
  1.  Lengkuas mampu mencegah dan mengobati tumor. Senyawa transkoniferil disasetat di dalam lengkuas diketahui mampu menghambat kerja enzim xanthin yang merupakan salah satu pemicu tumor.
  2. Lengkuas bersifat anti-inflamasi, dengan demikian ia ampuh meredakan radang. Manfaat lengkuas ini terkait kandungan galangin, dan karioferidanya.
  3. Lengkuas ampuh mengobati penyakit rheumatoid arthritis.
  4. Lengkuas bisa meredakan gelaja kurang nyaman akibat luka yang terdapat di dalam perut.
  5. Jika Anda mabuk laut, kunyahlah lengkuas dan permasalahan Anda tersebut akan teratasi.
  6. Dengan menggunakan lengkuas di dalam masakan Anda, secara tidak langsung Anda telah mengkonsumsi obat alami untuk melancarkan peredaran darah serta menangkal radikal bebas dari dalam.
  7. Manfaat lengkuas lainnya adalah meredakan diare. Cukup dengan beberapa kunyahan lengkuas, diare akan hilang dalam beberapa waktu.
  8. Lengkuas bisa menyembuhkan rematik dan juga sakit limfa.
  9. Jika Anda cermat, terkadang dalam produk penambah nafsu makan selalu dicantumkan lengkuas atau Alpinna Galanga sebagai salah satu bahan baku. Memang, salah satu manfaat lengkuas adalah untuk membantu merangsang nafsu makan. Jadi jika anak atau anggota keluarga Anda lainnya mengalami kondisi kurang nafsu makan, tak ada salahnya meracik lengkuas menjadi minuman hangat untuk mereka. 
Jadi gak salah kan ya ketika saya ingin memanfaatkan bumbu lengkuas ini.

Memang karena keterbatasan waktu... cieee... ketika saya memasak Ayam Goreng Lengkuas ini tidak mendokumentasikan step by stepnya. Tapi its oke lah ya ^^

Bahan :
1 ekor ayam potong 12 atau sesuai selera
1/2 kg kepala ayam :)

Bumbu halus :
1/2 sdm ketumbar
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
150 gr lengkuas parut
4 lb daun salam
6 lb daun jeruk
2cm kunyit
1 btg serai, ambil bagian putihnya

Cara membuat :
Masukkan bumbu halus ke dalam air, aduk rata, beri gula dan garam. Masukkan ayam, beri air sampai batas ayam tersebut. Aduk rata. Ungkep sekitar 30 menit. Setelah dingin masukkan ke dalam wadah tertutup rapat dan simpan dalam kulkas.


Pengkapnya adalah lalapan dan sambel terasi.. hhmmm soo yummyyy...
Bahan Sambal :
250 gr cabe rawit + cabe merah
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih
3 bungkus terasi kecil2 *saya pakai merk ABC renceng

Semua bahan sambal ini di blender, tapi jangan alus2 banget yakkk... Jangan lupa tambahkan gula dan garam, kemudian goreng dengan minyak yang cukup banyak dan agak lama supaya lebih awet. :d


 Selamat mencoba ya mentemen *_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar