Rabu, 03 September 2014

Srundeng Podo Moro

Entah dapet wangsit dari mana, sebulanan yang lalu saya pengen bangettt yang namanya srundeng daging... Terutama yang bikinan Alm Ibu.. Hikksss.. Miss u so much Mom... Nah, si srundeng daging in adalah masakan yang cukup sering di buat Beliau karena awet dan tahan lama. Seingat saya, saya justru yang paling jarang menyentuh si lauk ini karena memang kurang menyukai si kelapa yang menurut saya masih berbentuk kelapa.. hehehe

Ternyata oh ternyata, di kulkas ada seonggok kelapa parut yang dah kira2 semingguan di frezer plus udang dan ayam fillet yang saya belum ada ide sama sekali mo dibikin apa. Finally terpikirlah mencampur semua bahan2 yang ada menjadi serundeng ayam udang. Karena menurut saya, semua bahan ini nggak belanja lagi jadinya saya namain srundeng ini adalah Srundeng Podo Moro

sebelumnya udang dan ayam fillet ini saya rebus dulu biar nantinya proses pematangan dalam srundeng lebih merata.
Penampakan si kelapa parut setelah seminggu di frezer... Musti di diemin dulu di suhu ruang kira2 1-2 jam biar gak padat banget dan bisa dimasak ^^
 Nah siapkan bumbu2 yang dihaluskan kemudian di tumis, setelah harum masukan kelapa parut beserta ayam dan udang, masak hingga matang :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1/2 sdt jintan
1/2 sdt merica
4 butir kemiri
2cm lengkuas
2cm jahe
2 lb daun salam
5 lbr daun jeruk
2 btg serai, diambil putihnya
2 sdt sisir gula merah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar