Senin, 22 September 2014

Ca' Lobak Udang

Udah lama banget nih gak pernah masak yang namanya lobak.Kenapa? Karena waktu pertama kali masak buat suami, lobak yang memang punya aroma khas belum dapat diterima di hidung suamiku tersayang, jadi akhirnya si lobak yang sering aku jumpai di pasar dekat rumah tak pernah masuk dalam daftar belanjaanku.
Dulu, Alm Ibu (lagi2 karena beliau :d) sering memasak si lobak tersayang ini.. dan rasanya sangat sangat yummyyy... Tapi mengingat 'kegagalan' waktu pertama masak lobak menjadikanku selalu mengurungkan niat mencobanya kembali.

Nah entah dapat wangsit dari mana, atau karena juga melihat si lobak imut2 ini melambai2 untuk minta dibawa pulang, akhirnya ku bawa serta 2 ikat lobak ke dalam plastik belanjaanku.
Tuh kan siapa coba yang gak jatuh cinta sama lobak imut ini... Biasanya yang aku temui, umbinya gede2 tapi kali ini imut banget, jadi pengen beli deh.

Lobak adalah tumbuhan yang masuk dalam famili Cruciferae. Bentuknya umbi seperti wortel, tapi kulit dan dagingnya berwarna putih. Tanaman lobak sendiri sebenarnya berasal dari Tiongkok. Makanya dulu waktu sering nonton film Oshin, sering banget masak lobak, karena memang disana sayuran lobak ini cukup murah dan cukup mudah ditanam di pekarang rumah di daerah sana. Tanahh yang baik untuk tanaman ini adalah tanah yang gembur, mengandug humus, lapisan atas tanah tidak mengandung pasir. Waktu penanaman adalah musim penghujan atau awal musin kemarau.

Lobak juga dapat digunakan sebagai pengobatan herbal yaitu untuk gangguan ginjal ataupun demam. Disamping itu dapat pula menghasilkan lendir dalam kerongkongan sehingga menjadi obat yang baik untuk batuk. Pada umumnya lobak dapat dimakan mentah sebagai lalap, dibuat acar atau klo di daerah Bandung digunakan sebagai campuran soto.

Nah, kali ini saya mau mencoba membuat ca lobak ini. Untuk mengurangi aroma khas si lobak ini saya menggunakan udang, seafood yang menurut saya aromanya paling khas dan dapat meminimalisir aroma yang lain :d.

Pertama sudah tentu siapkan lobak... saya memakai 2 ikat lobak yang masih ada daun2nya. Kemudian kupas lobak dan diiris seperti mengiris wortel untuk sop.
 Serta siapkan udang yang sudah disiangin lebih dahulu ya.. Saya hanya menggunakan sekitar 10 ekor udang ukuran sedang.
Bumbu yang dipakai semua diiris tipis ya
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 siung bawang bombay kecil
1/2 buah tomat kecil
Tumis semua bumbu, dan jangan lupa ditambahkan saos tiram, saos wijen, gula dan garam. Kemudian masukan udang dan tumis sampai berubah warna baru kemudian masukkan lobak dan daun lobak serta tumis sampai matang.
Dan benar, setelah ditambahkan udang, aroma khas si lobak ini jadi menghilang, Dan kata suamiku, lobak ini jadi enak rasanya... Ahaiiii... sepertinya akan menjadi menu favorit keluarga setelah ditemukan formula yang pas .. Selamat mencoba ya ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar