Kamis, 04 September 2014

Udang Asam Manis

Mungkin bosen dengan postingan saya soal makanan yang kebanyakan resepnya dari Alm Ibu, tapi bagaimana lagi memang begitu adanya. Masa kecil kami adalah saat dimana Alm Bpk dan Ibu harus mengencangkan ikat pinggang untuk menyekolahkan kami bertiga yang hanya berjarak masing2 1 th. Dan hebatnya tidak ada diantara kami yang sekolah di sekolah negeri :d Akhirnya memang memasak menjadi salah satu solusi yang paling tepat untuk memenuhi gizi kami. Lebih sehat, lebih murah dan lebih lezat tentunya.

Masih tergambar jelas di ingatan saya, ketika suatu hari saya merengek minta dibelikan makanan yang waktu itu digemari di kalangan anak2 (sampai saat inipun juga masih :d) KFC... Hanya sekali saja kami makan bareng di KFC, dan McD saat pertama kali buka resto di kawasan Simpang Lima Semarang. Alasannya supaya kami tetap pernah merasakan rasanya makanan yang katanya enak itu (dan memang enak dan nyandu... hehehe). Selalu Alm ibu bilang klo harga 1 paket nasi ayam KFC yang biasanya disantap oleh 1 orang, klo dibelikan ayam atau ikan yang dimasak sendiri bisa dinikmati oleh semua anggota keluarga yang notabene berjumlah 6 dan 2 ekor anjing yang ndut2 :) Finally sekarang inipun saya tidak terlalu menyukai resto2 chiken ini, cuma My Kiddos sangat menyukainya meski saya batasi hanya 1 bulan sekali mereka bole menikmati si ayam ini. Beberapa kali saya mencoba membuat ayam goreng layaknya KFC selalu gagal, tapi someday saya yakin saya bisa ! :)

Jadi ngelantur tentang memory masa kecil saya... Back to masakan yang akan kita bahas ya... Udang Asam Manis... Resepnya cukup sederhana dan gampang untuk membuatnya :
2 siung bawang bombay cingcang halus
4 siung bawang putih cincang halus
2 bh tomat di cincang kecil
1/2 sdt merica bubuk
2 cm jahe di iris tipis
2 sdm saos tomat
2 sdm saos tiram
gula dan garam sebagai penyedap rasa
Bahan :
1/2 kg udang kupas
5 btg daun bawang besar
1 bh tahu putih potong kecil dan digoreng setengah matang
Tumis bumbu sampai harum, beri sedikit air  kemudian masukkan udang, tahu dan daun bawang, masak hingga matang.
Selamat makan *_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar