Senin, 22 September 2014

Orek Tempe Aroma Daun Jeruk

Kering tempe ini menjadi salah satu andalan lauk keluarga saya. Selain karena murah, gampang didapat dan mudah dimasak, kering tempe ini juga dapat tahan selama 3 hari tanpa masuk dalam kulkas. Hanya memang proses memasaknya yang musti lama dan tempe di goreng benar2 harus kering.

Biasanya saya memasak orek tempe ini menggunakan teri sebagai bahan penunjang serta kacang tahan yang sudah saya goreng terlebih dahulu. Tapi apa mau dikata, di kulkas hanya tersedia tempe dan tahu yang sudah 3 hari bertapa di kulkas... *_*. Satu hal lagi, my kiddos tidak terlalu menyukai tempe yang dimasak tumis, sehingga saya berpikir untuk membuatnya menjadi orek tempe dengan rasa yang pedas. Dan karena saya pengen memasak lain daripada yang lain, saya mengambil daun jeruk purut yang memang sengaja saya tanam di halaman supaya sewaktu2 dapat saya manfaatkan untuk pelengkap masakan saya. (Ahayyy jadi saya mendapatkan ide untuk sesekali waktu nanti memposting pekarangan saya yang banyak menyimpan harta karun :d)

Bahan Utama :
Tempe/tahu yang dipotong kecil2 dan digoreng kering. Atau bisa juga teri asin yang digoreng kering dan kacang tahan yang bisa digoreng matang. Atau bisa juga kentang yang diiris korek api dan digoreng kering juga. Intinya bahannya bisa apapun yang kita senangin.
Bumbu2 cukup diiris saja ya. Dan sesuai judulnya 'Aroma Daun Jeruk' maka memang saya banyakin daun jeruk.
5 siung bawang merah
3 sing bawang putih
1/2 bh tomat
10 bh cabe hijau, iris tipis
2 cm lengkuas
3 lbr daun salam
10 lb daun jeruk
Semua bumbu ditumis hingga matang. Tambahkan 1 sdm saos tiram, 1sdm kecap manis, gula dan garam. Kemudian masukan tahu dan tempenya, aduk2 rata sampai matang.
Taraaaa.. jadilah orek tempe aroma daun jeruk :)

1 komentar:

  1. Makasih ya atas infonya sangat menarik dan dapat menambah pengetahuan, salam kenal dari Kolang kaling sirup

    BalasHapus