Senin, 22 September 2014

Tahu Bakso

Hmmmm... Tahu basooo... Makanan eh cemilan kesukaan saya... Apalagi klo pulang kampung, pasti mampir ke Ungaran buat mampir beli Tahu Baso Bu Pudji... Yummy... Ntah kenapa ya si tahu baso ini jadi terkenal sebagai makanan oleh2 klo mampir ke Semarang. Saat saya mencari referensi mengenai asal tahu baso ini tak sedikipun menyinggung bahwa ini adalah oleh2 khas Semarang dan sekitarnya. Tapi ya sudahlah yang penting tahu baso is the best food from Ungaran. Hahahahaha... lebay.com

Nah minggu lalu ada teman yang pulang ke Ambarawa, Om Greg, niatnya sih nitip si tahu baso ini, tapi beliau ternyata gak bisa mampir dikarenakan sesuatu hal, alhasil yang ada saya hanya terbayang2 terus rasa tahu baso ini. Finally saking kepengennya saya mencoba mencari resep si tahu ini dan sengaja membuat dalam jumlah yang agak banyak untuk disimpan di freezer.

Setelah googling sana sini, banyak banget resep tahu baso yang sudah direferensikan oleh banyak orang. Alih2 saya jadi bingung, mau mengikuti yang mana. Akhirnya saya gabungkan beberapa resep saya dan jadilah Tahu Baso Ala Chef  Tias. *_^







Bahan Utama :
 250 gr daging cincang halus
20 tahu coklat (terserah mau bentuk segitiga ataupun kotak)
Daun bawang iris halus.

Bumbu halus :
5 siung bawang putih
1/2 sdt merica
garam
Semua bahan diaduk menjadi satu, kemudian ditambahkan dengan 2 sdm tepung sagu dan 1 btr telur.
Kemudian iris tahu melintang dan masukan adonan ke dalam tahu. Kukus selama 20 menit. Dan tahu sudah matang dan siap untuk digoreng atau dijadikan pelengkap sup.

 


1 komentar: