Kamis, 04 September 2014

Telor Pindang

Telor adalah makanan yang paling disukai oleh my kiddos... Miss Rempong dan Miss Lebay... Hampir setiap hari, meskipun sudah saya siapkan sayuran dan lauk yang mereka suka, tetap aja minta Nanny untuk gorengin telor dan di gado. Anggaran setiap minggu untuk membeli telor sekitar 2kg. Its ok, yang penting mereka selalu sehat dan gizinya terjaga karena gak jajan di sembarang tempat.

Sebenarnya hampir semua jenis telur dapat dimakan, tetapi hanya beberapa jenis telur saja yang biasa dikonsumsi, baik sebagai pelengkap lauk maupun sebagai obat. Telur yang biasa dikonsumsi antara lain telur yang berasal dari unggas seperti ayam, bebek, dan burung puyuh. Sebagai bahan makanan telur mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap seperti karbohidrat, protein dan delapan macam asam amino sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh terutama anak2 yang masih dalam masa pertumbuhan.

Karena kandungan gizi yang cukup menjanjikan itulah, saya sering kali memasak telor ini dalam berbagai jenis makanan. Salah satu favorit my kiddos is Telor Pindang ala Chef Tias *_^. Bikinnya gampang dan malah menggunakan 'sampah' bumbu yang banyak di dapur kita.

Yuk kita intip cara pembuatannya
Karena saya biasa memasak seluruh makanan yang akan tersedia di minggu depan adalah hari Sabtu, jadi 'sampah' bumbu ini banyak sekali. Terutama kulit bawang merah dan bawang putih sebagai bahan utama pembuatan berbagai macam bumbu. Jadi temen2 bisa menggunakan kulit bawang merah dan bawang putih ini, cuma klo pas lagi gak ada kulitnya, silahkan teman2 menggunakan bawang putih (4siung) dan bawang merah (10 siung) yang sudah dihaluskan ditambah daun salam, gula dan garam sebagai penyedapnya.
Rebus telor beserta seluruh bumbu di dalamnya, beri air sampai merendam semua telor. Biarkan sampai telor matang (-/+ 15 menit)
Angkat telor yang sudah matang, kemudian pecahkan kulit telornya. Dan masukkan lagi sampai air menyusut. Segera setelah air menyusut, buang dan siram dengan air dingin supaya gampang kita mengupasnya.
Taraaaaaaa..... cakep kan si telor pindang ini... Ada batik2 yang membuat My Kiddos semakin lahap memakannya, dan karena prosesnya cukup lama jadi bumbu sampai meresap ke dalam telor... *_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar