Selasa, 09 September 2014

Steak Rumahan ala Chef Tias

Pengen bisa bikin steak sebenernya dari dulu, cuma terkadang udah hopeless duluan kalo2 saosnya tidak seperti yang diharapkan dan akhirnya mubazir gak ada yang makan :(... Nah setelah bertapa sekian lama, minggu kemaren sepulang gereja, saya mencoba memasak si steak ini yang kebetulan kemaren dapet resepnya yang agak2 gampang. Dan lagi2 karena lapar mata saat di supermarket, jadi masih banyak bahan2 yang diperlukan tersedia di kulkas... Daging yang klo gak salah ingat sudah parkir di frezzer sekitar 2 mingguan, jagung manis dan wartel import yang sudah 2 harian terselip di kulkas.

Sebenernya resep yang mau saya bikin ini gak murni steak sih... Klo steak yang asli menggunakan daging utuh yang dipanggang, nah saya menggantinya dengan daging cincang... Lebih karena mengakomodir gigi my kiddos yang kemungkinan masih belum terbiasa mengkonsumsi daging  utuh :d

Steak biasanya dibuat dari daging sapi, tapi bisa juga menggunakan daging ayam atau ikan. Kebanyakan steik dipotong tegak lurus dengan serat otot untuk menambah kelegitan daging. Steak dapat dimasak dengan cara dipanggang ataupun di goreng dengan sedikit margarine.

Jumlah waktu pemasakan steak tergantung pada selera masing2 orang; pemasakan yang lebih cepat menghasilkan daging yang lebih lembut, dan bersari, dan pemasakan yang lebih lama mengurangi penampakan darah dan juga mengurangi masalah tentang penyakit. Ada yang menginginkan setengah matang atau makan secara keseluruhan.

Nah, sesaat setelah kita berkenalan sedikit dengan steak ini, kita sekarang coba yuk bikin steak rumahan. Klo dibandingkan dengan resto Fiesta kesukaan saya, sepertinya masih 3 tingkat dibawahnya :(... Tapi klo dibandingkan dengan Warung Steak atau Steak Obong yang memang menawarkan produk steak rumahan, sudah sebanding saya rasa :d Namun demikian suatu hari saya pasti akan membuatnya lagi dengan hasil akhir yang akan berbanding lurus dengan Steak Fiesta... Amien *_*

Pertama siapkan dahulu bahan utamanya yaitu daging cincang. Saya menggunakan 300gr daging cincang.. Sesuai request dari Miss Lebay yang sangat hobi dengan tahu, maka saya mencampurkan steak ini dengan tahu yang sudah saya haluskan.
Kemudian adonan ini dicampur dengan bumbu : 1 siung bw bombay besar cincang halus, 3 siuang bawang putih, merica bubuk, gula, garam, telor ayam 1 butir.
Kemudian bentuk steak ini menjadi lingkaran2 kecil kemudian pipihkan dan digoreng dengan margarine. Bisa juga dipanggang, cuma saya kurang pede dengan kematangan si daging steak ini :d
Siapkan saos pelengkapnya :
1 siung bw bombay cincang halus
1 siung bw putih cincang halus
5 sdm saos tiram
3 sdm saos tomat
100 ml susu cair plain
1/2 sdt merica bubuk
gula
garam
Masak dengan sisa margarine untuk menggoreng daging steak ini sampai mengental. Kemudian sajikan bersama dengan bahan pelengkap yang lain : wortel rebus, jagung rebus dan kentang goreng... Atau bisa disajikan sesuai dengan selera masing2.
Selamat mencoba ya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar