Selasa, 23 September 2014

Udang Saos Lada Hitam

Seafood adalah makanan favorit saya sedari dulu kala. Meskipun ada sedikit alergi mengenai seafood *gatal2 setelah makan seafood*, tapi tetep aja nyandu.... hehehehe... Nah salah satu yang paling dan paling saya suka adalah Udang dan KEpiting... hhhhmmmmm... nikmat tiada tara. Hanya saja karena ke2 seafood ini menempati jajaran makanan dengan harga yang cukup mahal, sangat jarang makanan ini ku makan saat berada di resto seafood :d

Nah karena makanan ini enak, saya pengen menyantapnya tapi mahal di resto seafood, maka dengan senang hati saya mulai mencoba untuk membuatnya satu persatu. Salah satunya adalah udang saos lada hitam. Yang paling sering saya coba memang sejauh ini adalah Udang. :d Next time, akan saya coba posting udang2 yang lain.

Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut ataupun danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua 'genangan' air yang berukuran besar baik air tawar, air payau maupun air asin pada kedalaman yang bervariasi, dari dekat permukaan hingga beberapa ribu meter di bawah permukaan. Teringat oleh saya ketika kecil saya menginap di rumah nenek di daerah Sleman, Yogyakarta. Di belakang rumah ada sungai yang cukup lebar dengan air yang deras. Dan kami sering sekali kesana hanya untuk memancing ikan atau menangkap udang yang biasa kita jumpai di balik batu *dan baru ngeh klo ada peribahasa ada udang dibalik batu... ternyata bener, banyak udang yang bersembunyi di balik bebatuan* dan udang sungai yang alami ini rasanya lebih manis dari udah tambak. Ahhh.. seandainya Jogja dekat dari sini, sudah pengen lari saya nyebur nyari udang :d

Yuk, kita segera siapkan bahan2 untuk membuat udang saos lada hitam ini .
 Bahan utama :

 500gr udang ukuran sedang..  Lebih enak sih udang ukuran besar dan gak perlu diambil kepalanya, cukup digunting sungutnya saja. Biasanya udang ukuran besar, di bagian kepalanya terdapat telor udang yang rasanya aduhai :d... Hanya saja agak susah mencari udang ukuran besar di pasar tradisional "gak laku" begitu kata si penjual. Akhirnya saya pilih udang ukuran sedang dan saya ambil kepalanya.
Bumbu2 cukup sederhana dan gampang dicari :
5 siung bawang putih, cincang halus
2 siung bawang bombay ukuran besar, cincang kasar
1/2 bh tomat sedang, cincang kasar
3 sdm saos tiram
1 sdm saos tomat
1/2 sdt minyak wijen
1/2 sdt minyak ikan
gula garam




 Dan sebagai bumbu utamanya, adalah lada hitam... 1sdt lada hitam, tumbuk kasar.

Tumis bumbu hingga harum, tambahkan semua saos dan masukkan udang, beri sedikit air sebagai kuahnya. Setelah udang berubah warna, masukkan lada hitam.. masak sebentar dan angkat.

Selamat mencoba ya ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar