Rabu, 03 September 2014

Rolade Tempe Pedas

Tempe adalah makanan sederhana yang selalu ada di kulkas, yang setiap saat dapat dijadikan cemilan atau lauk.. Entah untuk tempe tepung atau hanya di goreng dengan bumbu ketumbar dan bawang putih... Hmm.. Tempe memang selalu nikmat untuk dinikmati setiap saat.

Namun, alih2 menjadi nikmat, akan terasa sangat membosankan apabila tempe hanya diolah begitu2 saja bukan? Berbekal ingatan saya pada masakan yang dulu pernah dibuat Alm Ibu, saya kali ini mencoba membuatnya dengan cara dan toping yang berbeda.

Dulu Alm Ibu biasanya memadukan dengan daun singkong rebus dan kulitnya menggunakaN telor yang di dadar tipis. Kali ini saya mengganti daun singkong dengan wortel dan daun bawang serta mengganti kulitnya menggunakan kulit tahu. Alasannya simple... Klo daun singkong berarti saya harus merebus dahulu sedangkan wortel saya tidak perlu merebusnya, dan klo menggunakan telor yang di dadar artinya bahwa saya harus meluangkan waktu untuk mendadar telor dulu. Its a simple reason *_^... So terserah temen2 mo dikasi toping apa aja bisa kok :)

Nah sebenarnya si rolade ini nggak cuma bisa dibuat dengan berbahan dasar tempe lho... Asli resep rolade ini sebenarnya adalah daging sapi, Jadi temen2 dapat mengganti isi rolade ini dengan daging sapi, daging ayam, tahu ataupun tempe. Sesuai selera hati aja, yang penting adalah gunakan hati dalam memasak setiap makanan yang niscaya akan lezat meski dengan bahan sederhana ^_^

Gak perlu berpanjang lebar, yuk kita coba ikutin cara memasaknya.
Pertama siapkan dahulu bumbu2 yang diperlukan (diulek halus ya)
6 siuang bw putih
3 siung bw merah
1/2 sdt merica
2cm kencur
2 bh cabe (sesuai selera)
Garam
Gula
Bahan UTama :
1 lbr kulit tahu yang sudah dipotong2 10 x 20 cm
500gr tempe yang ssudah di kukus kemudian dihaluskan
2 bh wortel diserut halus
3 bh daun bawang yang diiris halus
3 btr telor
Semua bahan dicampur jadi satu ya...
Kemudian digulung pada kulit tahu dan di kukus selama 30 menit ya
Taraaaaaaaa... jadilah rolade tempe pedasnya...
Disajikannya setelah dingin benar baru di iris dan digoreng yakkk :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar