Selasa, 07 Oktober 2014

Nasi Ayam Semarang

Beberapa waktu yang lalu, teman saya memposting seorang ibu penjual Nasi Ayam Semarang yang dulu pernah menjadi langganan saya sejak SMA. Beliau terkenal dengan Brand Nasi Ayam Mbok Tentrem. Dengan menggunakan Tenda Biru dan backdrop (cieee ..) warna kuning biar keliatan mencolok sehingga warung nasi ayam ini mudah sekali di temukan. Letaknya sebenarnya kurang strategis, karena terletak di paling ujung jalan (lupa nama jalannya) depan RS Telogorejo Semarang, di sekitar Simpang Lima, tempat dimana banyak sekali warung2 makan yang yummy2 (slruuuppppp... ). Namun karena si Mbok Tentrem ini nasi ayamnya menurut lidah saya paling enak, jadi meski kurang strategis setiap malam warungnya gak pernah sepi. Dan kami para pelangganpun terkadang dengan setia menunggu di kendaraan masing2 untuk bisa masuk ke warung yang ukurannya hanya sekitar 4 m saja. HHmmmm luar biasa kan ya? :d Dan ternyata, beliau masih tetap eksis lho sampai sekarang...TOB BGT dah.
Nahh inilah penampakan Mbok Tentrem... backdropnya ternyata dah ganti warna merah. Dan beliau ternyata awet muda yak.. sedari dulu sampai sekarang wajahnya begitu ajjjaaaahhhhh :)

Karena saking pengennya saya kesana tapi tidak memungkinkan dalam sekejab ke Semarang, jadilah sabtu ini saya membuat sendiri Nasi Ayam Semarang. Menunya gak jauh beda sebenernya dengan Nasi Liwet Solo. Terdiri dari sambal goreng labu siam, tahu semur, ayam opor, telor opor, areh santan. Pelengkapnya Sate usus atau sate telor ayam yang belum jadi (gak tau apa sih namanya:d).

Yuk kita coba liat satu persatu ya
Sambal Goreng Labu Siam...Aslinya sih cuma labu siam aja tapi karena di kulkas masih ada tempe yang sudah semangit (setengah busuk :d) saya jadikan satu aja dengan sayurnya. Dan menurut Alm Ibu, tempe semangit ini akan menambah cita rasa masakan yang mengandung santan.
Bahan : 
1 Bh Labu Siam/ Pepaya muda, serut
Tempe semangit
500cm santan encer

Bumbu :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sdt merica
4 btr kemiri
8 bh cabe rawit merah/sesuai selera
1/2 btr tomat kecil
--> semua bumbu ini dihaluskan ya
3 lb daun salam
3 lb daun jeruk
1 btg serai
2 cm lengkuas
1cm jahe
1 sdm gula merah sisir
Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga wangi, masukkan rempah2 daun ke dalamnya, kemudian masukkan tempe, labu siam/pepaya dan santan. Masak hingga matang.
 Opor Ayam Suwir... Bumbunya sama dengan opor biasa, cuma santannya pake yang kental biar bisa jadi areh sekalian.
Bahan : 
Ayam fillet 300 gr --> rebus dan suwir
3 Btr telor ayam --> rebus dan kupas
500ml santan kental
Bumbu :
1 sdt ketumbar
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
6 btr kemiri
--> dihaluskan ya
3 lb daun salam
3 lb daun jeruk
1 btg serai
2cm lengkuas
Cara membuat :
Tumis bumbu hingga harum, kemudian masukkan ayam suwir, telor dan santan.. masak hingga santan menyusut 1/3nya dan menjadi areh.
Semur Bawang Putih Tahu Coklat... Sebenarnya sama seperti semur pada umumnya, cuma ini saya mencoba memperbanyak bawang putih supaya punya cita rasa yang berbeda..
Bahan :
10 buah tahu coklat
Bumbu
6 siung bawang putih, cincang halus
1 siung bw bombay, cincang halus
2sdm saos tiram
1 sdm saos teriyaki
1/2 btr tomat - iris halus
1sdm kecap manis
Cara membuat :
Tumis bumbu hingga harum, masukan tahu dan beri air dan masak hingga air menyusut.
Ahayyyy... finnaly bisa menikmati Nasi Ayam Semarang sepuasnya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar