Minggu, 06 Juli 2014

Tips memisahkan minyak ayam dari air kaldu

Hari sabtu-minggu adalah hari yang paling menyenangkan buat ubeg2 isi kulkas dan isi lemari baju... Hahahaha... Gak nyambung banget ya lemari baju vs kulkas :d Tapi itulah kenyataannya, gw harus memilih salah satu diantaranya.... Dan pilihan minggu ini adalah isi kulkas... *kayanya sesekali bakalan gw poto ya isi kulkas di rumah yang berantakan, karena hanya bisa diaudit cuma seminggu sekali*

Kali ini ada penemuan tak terduga yang membuat gw riang gembira... halahhh.... :d

Cerita kali ini adalah tentang kulit ayam. Klo gw bilang kulit ayam, ada 1 temen yang alergi mampus dengan nih kulit ayam... Jijay bajay katanya... Kolesterol... Ya iya sih, tapi klo cuma sebulan sekali makan moso yang nambah kolesterol sih?? Mungkin dulu doi makan kulit ayam tiap hari yak jadi kolesterolnya naik begitu dasyat... Kembali ke kulit ayam, minggu yang lalu gw inget beli nih kulit tapi karena gak sempat masak, jadi gw masukin deh ke freezer.. Si kk emang paling demen ama yang namanya ayam... Ayam goreng kriuk tepatnya, dan salah satunya adalah kulit yang digoreng pake tepung yang cranchy ...

Pas ke pasar, gw dah beli 1 kg kepala ayam plus 1 kg sayap (sayap ini ntar akan gw bikin sayap goreng madu ala pizza hut, nantikan tanggal tayangnya ya :d)... Jadi akhirnya gw ungkep bareng si kelapa ayam ini deh... (bumbu menyusul di edisi berikutnya)

Nah setelah mateng si kepala dan kulit ini ternyata minyaknya berlimpah ruah nih .... Langsung otak gw bekerja bahwa minyak ayam ini akan sangat nikmat klo dicampur di mie ayam yang juga kedoyanan kk dan dd *ketimbang beli mie ayam di abang2 gak jelas, kan mendingan bikin*... Tapi gak mungkin juga bikin mie ayam saat ini, krn masakan lainnya dah ngantri kaya kereta... so akhirnya gw cuma pisahin si kuah ini ke dalam wadah dan masuk ke kulkas...Gw terbiasa untuk tidak membuang air sisa ungkepan ayam yang nantinya bisa gw jadikan masakan bersantan (ini ntar juga bakalan gw posting :d)...

Sore harinya saat gw mo masak kuah ungkep ini, ternyata si minyak ayam dan airnya terpisah secara sempurna... woooowwwww.... magiccccccc.... Padahal gw lagi mikirin gimana caranya yak supaya gw bisa ambil si minyak ini... Ternyata oh ternyata...

 Nih penampakan air sisa ungkepan dan minyak ayam yang kita bisa gunakan buat mie ayam.
Si minyak ayam yang berhasil dengan gampangnya dipisahin dari airnya....

Ternyata bahagia itu sederhana... *edisi lebay... :d




Tidak ada komentar:

Posting Komentar