Senin, 23 Juni 2014

Chicken Macaroni Scotel

Hari sabtu yang lalu akhirnya disempat2in buat audit lemari dapur yang dah berantakan bangettt. Dan ternyata gw ketemu sebungkus makaroni yang gw sendiri lupa kapan belinya *saking lamanya kali ya*. Ngeliat tanggalnya sih masih sampai akhir th expirednya :d Karena takut kelupaan lagi, akhirnya nanya ke kk, mau gak doi dibuatin macaroni scotel... Si kk dengan semangat 45 jawab mauuuu.... Oke deh kk, mari kita ubek2 isi kulkas, semoga ada bahan untuk melengkapi si macaroni.

Freezer cuma ada daging ayam cincang, bakso 5 biji dan sosis ayam 4 bijih... Ya sudahlah, kita manfaatin aja apa yang ada di kulkas ini. Tapi sepertinya bakso kurang tepat klo dibuat macaroni, so cuma ayam cincang dan sosis aja pelengkapnya.

Nah sebelum kita coba masakan ini, ada baiknya kita kenalan dulu yuk dengan yang namanya macaroni.. Makaroni atau ada juga yang menulis macaroni, whateverlah, klo kita googling banyak banget literatur yang membahas soal ini. Macaroni termasuk salah satu jenis pasta yang berasal dari Italia.  Bahan utama si macaroni ini adalah tepung terigu varietas durum atau tepung semolina yaitu butiran dari edosperm biji gandum. Jenis gandum ini dipilih karena tingginya kandungan protein gluten yang terkandung didalamnya, sehingga menjadikan adonan pasti ini kenyal dan elastis. Setelah dibentuk, dikeringkan, sampai kadar air 12%, bisa membuat macaroni tahan disimpan berlama-2. Macaroni sendiri dikenal karena bentuknya yang unik dan lucu, memiliki rongga dan di potong pendek dengan berbagai bentuk dan ukuran,

Macaroni sendiri dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Mulai dari macaroni rebus yang diberi saus krim. Macaroni yang di campur di hidangan sup ayam. Atau macaroni yang dapat dipanggang dengan campuran bahan2 lain seperti daging cincang, sayuran, dll yang sesuai dengan selera masing2 tentunya.

Scotel sendiri ternyata berasal dari bahasa Belanda yang artinya 'piring'. Mungkin jaman dahulu kala, si macaroni ini disajikan dalam wadah piring sehingga terkenalnya sampai sekarang nama Macaroni Scotel.


Setelah belajar sedikit mengenai sejarah macaroni, sekarang saatnya kita belajar masak... yuk yak yuk...




Rebus makaroni dalam air mendidih yang sudah dicampur dengan garam dan minyak sayur -/+ 7 menit atau sampai empuk. Angkat dan tiriskan.

Iris tipis 2 siung besar bawang bombay, 5 siung bawang putih.. Kemudian tumis bawang bombay hingga layu dan terlihat transparant, masukan bawang putih. Setelah tercium bau harum masukan daging ayam cincang dan sosis.. Jangan lupa diberi merica/lada, gula dan garam. Masak hingga ayam berubah warna dan matang.
Masukan tumisan tadi ke dalam macaroni rebus... Ditambah dengan susu segar/plain, keju dan 4 butir telor. Campur hingga merata.Kemudian masukan ke dalam cetakn alumunium foil dan panggang hingga matang (-/+ 30 menit)

Beginilah penampakan chicken macaroni scotel... Sajikan dengan saos sambal botalan :)

Selamat Mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar