Selasa, 15 Juli 2014

Samosa Sayur

Nama Samosa ini memikatku untuk pertama kalinya, terlebih setelah melihat foto aslinya.  Terlihat dari bentuknya sih lebih mirip martabak menurutku. Tapi isi campuran samosa ini ternyata yang membedakan dari martabak.

Menurut resep asli Samosa dan juga penelusuran dari mbah google, Samosa ini seharusnya berbentuk segitiga. Tapi karena agak kesulitan *lagi2 karena banyak gangguan eksternal alias asisten chef yang super duper rempong* akhirnya dibentuk menjadi persegi empat aja... Dan pas ngeliat fotonya, lah kok gak jauh beda yak ama martabak.

Nama Samosa berasal dari bahasa Persia Sanbosag. Tapi ada beberapa negara yang menyebut dengan mana  Sambusaj (di negara yang menggunakan bahasa Arab), Sambosa di Afganistan, Samboosa di Tajikistan, Samsa di negara dengan bahasa Turki, Sambusa di Iran dan Chamuca di Goa dan Portugal.
Semuanya berarati sama yaitu bulan sabit.

Samosa sendiri sebenarnya adalah pastri goreng yang berbentuk segitiga. Dengan isian yang bisa bermacam2. Berupa kacang rebus dicampur dengan kacang kapri, bawang bombay, daun ketumbar. Makanan ringan ini cukup populer di Asia Tengah, Asia Selatan, Malaysia, Singapura dan Semenjung Arab.

Nah udah cukup penasaran kan... yuk coba kita liat bagaimana sih cara buat si Samosa ini.

Bahan :
2 buah wortel, diiris dadu
100 gr baby buncis juga diiris kecil2
100 gr ayam dipotong dadu kecil
100ml susu cair
2 sdt tepung terigu
kulit siomay/pangsit

Bumbu
Haluskan merica 1/2 sdt, 4 siung bawang putih, garam.
Siapkan margarine untuk menumis. Kali ini saya menggunakan minyak ayam yang memang sudah menjadi stok di kulkas. Tumis bumbu halus sampai harum, masukan daging ayam sampai berubah warna. Tambahkan terigu aduk cepat, dan tambahkan pula susu cairnya.
Masukkan sayur, masak sampai matang dan kuah mengental.
Siapkan kulit pangsit, kemudian isi secukupnya, dan lipat menurut selera. Bisa segitiga atau segi empat.
Karena isi dalamnya sudah matang, maka Samosa ini bisa awet disimpan di kulkas. Masukkan ke wadah yang bersih dan tutup rapat. Bila ingin menggoreng tinggal diambil dan kemudian digoreng.
Hhhhmmmm cukup menggiurkan si Samosa ini untuk disantap selagi hangat dengan saos cabe cocolan ataupun cabe rawit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar