Senin, 07 Juli 2014

Sweetie Chicken Wing ala Emak Echa

HHHmmmmmm.... yummy banget kan penampakan si chicken wing ini :)

Dulu waktu jaman saya masih muda dan belum berkeluarga (sekarang juga masih muda kok :d) sering banget jajan alias makan di resto alias gak pernah masak... Tapi seiring berjalannya waktu kebutuhan untuk jajan ini digantikan dengan aktivitas masak memasak. Entah awalnya bagaimana, saya juga tidak begitu ingat, tapi masak ini menjadi hobi penghilang stres... hahahaha... Emmm jangan2 karena semakin mahalnya resto ya sehingga bawah sadar saya memerintahkan untuk memasak yang notabene lebih ngirit :)

Seingat saya, jaman alm ibu masih ada, ketika pulkam ke Semarang, ibu selalu mengajak ke dapur untuk sekedar membantu beliau potong2 sayur atau bumbu2... Tapi ada 1001 alasan untuk menolaknya *maap ya Mi :(*... Dengan berbagai cara Ibu selalu mengajak dan mengajak, sampai akhirnya beliau cuma bilang "Udah gak usah bantuin motong atau ngulek *menghancurkan bumbu dengan cobek*, cukup tungguin Ibu dan liatin Ibu masak aja sambil cerita2 tentang Jakarta".. Waktu itu memang kami tinggal terpisah, Ibu di Semarang dan saya harus hijrah ke Jakarta demi masa depan yang gilang gemilang ;) Akhirnya memang benar, saya hanya tiduran di meja setrika yang segede gaban yang terletak di pojokan dapur sambil cerita2 gak jelas dengan beliau. Tapi ternyata meskipun hanya sambil tidur2an, otak saya banyak sekali mencatat bumbu2 yang Ibu pakai untuk memasak masakan yang selalu saya rindukan sampai sekarang... Miss u much Mom, n thanks to teaching me how to be a good chef  for my little family... :)

Kembali lagi ke dunia resto... Salah satu resto favorit adalah Pizza Hut... Siapa sih yang gak kenal nih resto. Bahkan anak2 sayapun sekarang ini begitu menyukainya. Beberapa menu resto ini sudah saya pernah buat dan menurut saya rasanya gak jauh2 beda deh *_^ Salah satu menu yang saya suka adalah Spicy Chicken Wing... Hanya saja, karena Echa dan Ochi belum menyukai masakan pedas, jadi saya mengganti dengan bumbu yang sifatnya manis. Dan benar kata si kk, 'Enak Mi, kaya yang waktu itu kita beli' Puji Tuhan klo chicken wing ini diterima di lidah mereka. Apalagi di dd yang sangat menyukai manis, semua ayam dia jilat2 dulu baru dimakan... hahahaha..

Hhhhmmmm sembari menulis saya kembali membayangkan Sweetie Chicken Wings ini ada di hadapan saya *kebetulan saya sedang puasa* dan hanya mampu menelan ludah serta gak sabar menunggu esok hari yang sepertinya saya akan membuatnya lagi :)

Sebelum berlama2 dengan narasi yang saya sampaikan, yuk ikutin cara2 pembuatannya.

Bumbu rendaman :
3 siung bawang putih dicincang halus
1/2 sdt merica bubuk
5 sdm madu
1 sdm kecap manis
1 sdm saos tiram
1 sdm saos tomat
1/2 sdt garam

Ambil 1 kg sayap ayam yang sudah dipotong kecil2, kemudian masukan semua bumbu rendaman dan aduk2 sampai rata. Diamkan dahulu ke dalam kulkas selama 2 - 3 jam agar bumbu meresap sempurna.
Kemudian siapkan wajan untuk memasak ayam tersebut. Ayam beserta bumbu rendaman ditambah air sedikit kita masak sampai air menyusut.
Ayam ini sebenarnya sudah siap untuk di konsumsi. Si dd justru lebih menyukai ayam selagi belum digoreng, karena bumbu2 basahnya masih ada :). Dan karena ini jumlahnya banyak, saya membuat 1 kg, saya berencana akan menyimpannya di dalam freezer dan klo mau makan tinggal di goreng. Tapi rencana tinggal rencana, setelah ayam ini digoreng dan tersaji di meja makan, dalam sekejam habis oleh Echa dan Ochi :d

Saya sarankan untuk menggoreng di wajan teflon dengan minyak sedikit saja. Karena sifat ayam yang  manis sehingga mudah gosong, jadi goreng dengan api yang kecil. Dan kenapa menggunakan wajan teflon, supaya saya bisa mencuci bekas gorengan ini dengan mudah. So jangan terpaku pada wajannya ya, sekedar saran kok, andaikan gak punya juga gak masalah menggunakan wajan biasa.
Sweetie Chicken Wings siap untuk dinikmati...

Selamat mencoba ^_^








Tidak ada komentar:

Posting Komentar