Selasa, 15 Juli 2014

Chicken Shrimp Roll

Hmmm... Saya selalu penasaran untuk mencoba resep yang berbau2 gorengan. Meskipun sudah tau klo makanan yang digoreng itu kurang menyehatkan, tapi ntah kenapa belum pengen juga mengurangi ataupun menghindarinya... Someday, will be :d

Tak terkecuali dengan makanan yang satu ini... Produk dari salah satu resto Jepang yang sangat disukai oleh anak2ku. Nah karena menurutku harganya cukup mahal untuk terus2an jajan di resto tersebut (minimal 4 orang yang makan :d) akhirnya coba googling resepnya. Ketemulah dengan blognya mba Endang di Justtryandtaste... Dan setelah dicoba yummyyyy pake bangettt... N you know what, habis dalam sekejap dan ada request untuk bikin lagi. Hmmm... tampilan foto diatas memang menggugah selera yakk, apalagi di bulan puasa yang harus menahan lapar dan haus qeqeqeqe.

Klo mau jujur nih, awal pengen bikin shrimp roll ini adalah karena di tukang sayur yang lewat depan rumah ketemu ama daun bawang yang ndut2 plus seger2. Ditambah juga dengan kulit tahu yang sepertinya cukup lama saya membelinya cuma belum sempat membuat menjadi makanan *kebiasaan buruk saya adalah menyimpan bahan makanan kering yang terkadang saya sendiri lupa sudah membelinya.

Tanpa banyak waktu lagi, yuk kita liat step by stepnya ya.


Bahan :
1 lembar kulit tahu (bisa menggunakan merk sesuai selera masing2, saran saya pilih kulit tahu yang lembaran ya biar gampang sih), potong ukuran 10 x 20cm
2 buah wortel (serut korek api)
3 btg daun bawang (rajang halus)
1/2 kg daging ayam cincang halus
3 sdm tegung sagu (merk tani)
1 btr telor ayam


Bumbu
Gambar diatas hanya ilustrasi :d
Haluskan 4 siung bawang putih, 1sdt merica, garam
Setelah bumbu dah dihaluskan yuk kita campurkan semua bahan yang ada. Pada bagian ini biasanya anak2 saya akan berebut memegang spatula. Terkadang pengen sih melarang mereka untuk mengaduk karena memang motivasi mereka bukan pengen pinter masak tapi karena maenan... aarrgggghhhh... Tapi balik lagi ke pengalaman kecil  saya dulu yang hanya melihat Alm Ibu masak dan akhirnya bisa masak, jadi saya biarkan saja anak2 ini dengan imajinasi adukannya.
Tapi yang perlu diingat nih, ada beberapa adonan yang hanya bisa dilakukan sebentar dan searah (untuk menghindari adonan yang keras). Jadi klopun anak2 ikut mengaduk, berikan adonan yang bisa diaduk dengan cara apapun seperti pembuatan chicken shrimp roll ini.

Masukan semua bahan yang ada ya termasuk bumbu halus dan sagu serta telor ayam. Setelah itu gulung dengan kulit tahu yang sudah kita potong ukuran 10 x 20cm
Klo udah semua, kita kukus dulu selama +/- 30 menit ya. Biarkan dingin dulu baru kemudian kita potong2 sesuai selera. Dalam menyajikan Shrimp Roll ini ada beberapa cara :
Cara yang pertama ini adalah dengan memotong Shrimp Roll terlebih dahulu, kemudian saya balut dengan kocokan telor baru digoreng.
Sedangkan cara yang kedua adalah menggoreng utuh Shrimp Roll baru kemudian dipotong. Jadi tidak menggunakan kocokan telor lagi.

Nah cara ini sesuai dengan selera masing2... Sama2 enak pastinya  +_+



Tidak ada komentar:

Posting Komentar