Minggu, 22 Juni 2014

Bollen Tape Coklat

Lagi2 karena laper mata ngeliat postingan seorang teman mengenai si kue bollen ini, membuat gw penasaran dan pengen nyoba... Tapi mengingat bikin si kulit bollen ini yang lumayan ribet jadi program percobaan ini ketunda lumayan lamaaaa.... Dan usut punya usut, karena tempo hari si teman yang gw tau dari dulu juga males ribet bisa bikin, gw beranikan buat nanyain apa resepnya biar punya niat bulat 100% buat nyoba bikin kue... Ternyata oh ternyata ada resep praktis yang gak lama dan ribet... :)

Si bollen ini saat ini dikenal sebagai oleh2 khas Bandung... Sejarahnya gw juga gak ngerti pastinya, tapi asal ada yang dari Bandung pasti deh si bolleh ini yang dijadikan oleh2. Nah karena baru pertama kali bikin, isiannya gw pake tape coklat yang gampang di dapet dan sepertinya yang paling 'aman' dipake... :) Tapi nantinya gw akan mencoba pake isian2 yang lain... Can't waittt :)

Gak perlu berlama2 lagi, mari kita ikuti step by stepnya ya

Seperti yang tadi gw bilang klo ada resep praktis yang gak lama dan ribet klo mo bikin kulit si bollen ini adalah dengan beli jadi di supermarket terdekat.. hihihihi... Untuk merk silahkan saja temen2 pilih yang disuka. Klo gw ditanya kenapa pilih merk ini, bukan karena suka or pernah nyoba, tapi pas di supermarket yang keliatannya ukuran paling kecil adalah merk ini. Kan masih tahap perkenalan jadi nyarinya sengaja yang ukuran kecil. Tapi jangan salah, meski ukuran kecil, tapi pas dibuat bollen sebungkus ini bisa jadi 12 bollen dengan ukuran jumbo :d
Nah karena si puff pastry ini sebelumnya berada di freezer cukup lama, jadi musti diistirahatkan dulu di suhu ruang, biar bisa di proses selanjutnya
Setelah bisa di bentuk, potong puff pastry ini jadi 4 bagian dengan pisau. Kemudian cari alas untuk menggiling/menipiskan kulit ini ya... Gw sih pake nampan yang agak besaran. Jangan lupa beri taburan tepung terigu ya, biar gak nempel kemana2... Giling setipis mungkin ya, semakin tipis semakin crancy lho *tulisan bener gak tuh:d*
Klo dah dapet ketebalan yang diinginkan, lembaran tersebut potong kembali menjadi 3 bagian ya
Nah kemudian silahkan diisi dengan tape/pisang/coklat terserah temen2 mo isi dengan apa, sesuai selera masing2 aja ya
Kemudian gulung si bollen ini
Klo dah di gulung semua, tata dalam loyang. Kebetulan gw pake loyang teflon, sehingga udah gak perlu lagi menggunakan pelapis margarine... Tapi klo baca dari literatur kulit pastry ini, seharusnya memang gak perlu pake pelapis margarine lagi, karena dalam membuat kulit kita dah pake margarine yang cukup banyak dan itu nanti akan keluar dalam proses pemanggangan. Setelah di tata rapi, jangan lupa di olesin kuning telor ya di bagian atasnya, biar nantinya klo matang bisa mengkilap yang akhirnya akan menambah selera makan :d
Panggang selama 30 menit dengan api atas ya... dan inilah hasilnya
Seperti yang tadi gw bilang, ini bollen ukuran jumbo... Bisa diliat dengan perbandingan piring ukuran standar ya. Piring ini cuma bisa 'menampung' 5 bollen...

Terinspirasi dengan resep yang praktis?? silahka mencoba ^^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar