Senin, 20 Oktober 2014

Mie & Nasi Tim Ayam Ala Emak Echa

Klo udah ngomong soal mie... Miss Rempong, anak saya yang pertama, pasti yang akan langsung teriak dengan lantang "Aku mau Mie!!".. Yupppp... Miss Rempong memang hobi berat dengan yang namanya mie.. Baik itu Mie instant, mie goreng, mie rebus atau mis ayam, semua dia sukai.

Mie memang salah satu makan favorit. Sayapun termasuk di dalamnya. Andai disuruh memilih nasi atau mie, tentu saja saya akan memilih mie :D Ternyata kegemaran makan mie ini menurun ke anak2 saya. Tapi Miss Lebay, anak saya yang ke 2 belum terlalu hobi dengan makanan yang satu ini.

Pengen banget bisa bikin mie, tapi sampai sekarang belum pernah mencoba .. hahahaha... Bukan apa2 tapi lebih karena belum punya alat gilingan mie itu sendiri. Ayooo siapa yang mau kasi saya gilingan mie. Tapi meskipun belum pernah mencoba membuat adonan mie, saya selalu menyiapkan 'pernik2' mie di kulkas setiap bulannya. Biasanya pelengkap mie ini akan habis untuk 10 porsi mangkok mie ayam. Nah apa saja sih ya pelengkap Mie ayam ini.

Minyak Bawang Ayam

Minyak ini yang biasanya digunakan di resto2 Mie Bangka... Kenapa saya bisa tau?? Karena memang saya hobi bertanya  tentang bumbu2 penyedap di resto mereka *_^ Thx God, banyak resto yang dengan sukarela menjawabnya. Mungkin memang mereka berpikir sekalipun bumbu sama tapi tentu saja dengan cara dan kualitas bahan yang berbeda hasilnyapun akan berbeda.

Bahan :
10 siung bawang putih --> cincang halus
250 gr kulit ayam
100ml minyak sayur

Cara Membuat :
Panaskan minyak sayur, tumis bawang putih hingga wangi. Masukkan kulit ayam, dan masak hingga kulit ayam mengeluarkan minyak. Tips : gunakan wajan anti lengket, supaya kulit ayam ini tidak menempel di penggorengan karena lamanya proses memasak.

Minyak ini selain untuk membuat mie ayam, bisa juga dipakai untuk menumis sayur2an. Masukkan ke dalam kulkas setelah digunakan. Jangan kaget apabila setelah masuk ke kulkas minyak ini akan mengeras. Ketika akan digunak bisa dikeluarkan sebentar, atau langsung saja menyendoknya dalam keadaan dingin.

Ayam Teriyaki

Temen2 tau kan ya ayam yang suka ditaruh di mie ayam. Nah saya memberi nama Ayam Teriyaki, biar agak keren dikit lah *_*. Ayam ini selain bisa digunakan untuk mie ayam, bisa juga untuk membuat nasi tim, dicampur dengan bubur nasi atau dimakan langsung sebagai lauk dengan nasi hangat.

Bahan :
500 gr daging ayam cincang
250 gr ceker ayam

Bumbu :
5 siuang bawang putih, cincang halus
1 bh bawang bombay besar, cincang halus
1/4 sdt merica halus
3 sdm saos teriyaki
2 sdm saos tiram
1/2 sdm minyak wijen
1 sdm kecap manis
gula
garam

Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum. Masukkan bumbu yang lain dan masukkan daging ayam dan ceker tambah dengan air. Masak hingga  matang dan ceker empuk.

Nah Setelah bumbu pelengkap ini sudah siap. Kita tinggal beli Mie ayam telor di pasar (lupa gak kepoto). Sementara kita merebus mie, siapkan di mangkok selayaknya pedagang mie ya... minyak bawang ayam, kecap asin, kecap manis (untuk rasa mie yamin) kemudian campur dengan mie, aduk rata, dan terakhir berikan ayam teriyaki diatasnya.

Hmmm yummmyyyy bukannnn... ^_^

Klo temen2 mau bikin nasi tim juga bisa dengan ayam teriyaki ini. Ambil cetakan nasi tim kemudian taruh ayam teriyaki dengan kuahnya, hingga seperempat cetakan. Karena saya malas membuat nasi aron, jadi saya menggunakan nasi biasa. Klo teman2 menggunakan nasi aron, kuah ayam teriyakinya jangan banyak2 ya, takut keasinan. Setelah itu di kukus selama 15 menit.
Gak kalah yummy kan penampilan nasi timnya... :)

Selamat mencoba ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar