Kamis, 09 Oktober 2014

Aneka Olahan Pisang

Pisang adalah salah satu buah favorit keluarga Saptomo aka keluarga saya :d. Terlebih pisang emas, pisang barangan dan pisang raja. Dari jaman saya single, cemilan yang sehat juga murah adalah pisang. Kebetulan kost dekat dengan Pasar Palmerah, hampir setiap jumat sore mampir ke pasar untuk membeli pisang emas dari Bapak Tua penjual pisang yang konon kabarnya sekarang sudah meninggal. Si Bapak ini klo jualan murah meriah bingittt sampai kadang gak tega untuk menawar dagangan beliau. Nggak tau deh Beliau mendapat untung dari mana sehingga tetap bisa memberi nafkah keluarganya :). Pada saat saya sudah menikahpun, sering kali bersama suami sepulang kerja mampir untuk membeli pisang beliau. Ahhhh... jadi pengen jalan2 ke Pasar Palmerah lagi.

Saat inipun saking senengnya dengan pisang, sejengkal tanah yang ada di samping rumah saya tanami dengan pisang. Meskipun belum berbuah, tapi saya sudah memanen daunnya 3 x. Jangan2 karena keseringan saya panen daunnya, pohon pisangnya jadi ngambek ya .. hehehe. Pisang yang saya tanam jenis Pisang Kepok yang sering dibuat sebagai olahan Kolak, Pisang goreng, Pisang Rebus. Pohon pisang ini memang banyak sekali gunanya. Mulai dari daun, buah hingga batangnya. Seingat saya dulu ketika masih kecil, setelah pohon pisang berbuah, akan ditebang Alm Bapak, sisa batang pisang dikeruk menyerupai mangkok dan bebrapa hari kemudian pada batang pisang tersebut akan keluar minyak yang dapat digunakan sebagai penyubur rambut. Dan sekarang batang pisang juga bisa diolah menjadi kain yang bisa dipake untuk baju atau digunakan sebagai bahan craft. Betapa hebatnya pisang, dari atas sampai bawah berguna.

Pohon pisang ini juga mudah sekali ditanam. Dengan menggunakan sisa tanah yang sedikitpun dan gak perlu disiram setiap hari, dia dapat bertumbuh dengan baik. Hanya saja, klo ditanam di pinggiran rumah, harus sering dibersihkan daun2 keringnya karena biasanya itu yang membuat pohon pisang terlihat 'kotor'. Tadinya suami saya juga tidak setuju dengan penanaman pisang di rumah karena 'kotor'nya pohon pisang. Tapi akhirnya beliau ngalah karena saya berjanji untuk selalu membersihkan daun2 pisang yang kering.

Kembali ke olahan pisang, sebenarnya banyak sekali ragam olahan pisang. Untuk kali ini, saya hanya akan mengeksplore 3 ragam olahan pisang dulu ya... Selebihnya karena keterbatasan waktu dan ingatan untuk mendokunemtasikannya jadinya belum bisa ditayangkan.

Pisang Bakar Manis Lezat 
Bahan :
4 Buah Pisang raja yang sudah matang benar --> dibakar dengan teflon aja
Setelah matang tata pisang dalam piring, tambahan susu kental manis, meses dan keju... HHhmmm so yummyyyy... ^^

Pisang Kipas
Bahan :
5 buah pisang kepok, jangan yang terlalu tua/lembek .. diiris tipis memanjang  tapi ujungnya jangan sampai terputus ya
Siapkan tepung terigu, tepung beras, gula, garam... campur untuk bahan pencelup
Lebarkan pisang menyerupai kipas, celup di bahan pencelup dan goreng hingga matang.

Pisang Goreng Madu
Meskipun menggunakan nama 'madu' namun pisang ini tidak menggunakan madu sama sekali :)
Bahan :
5 buah pisang raja yang sudah matang benar, iris2
Siapkan tepung terigu, tepung beras, gula, garam.. Masukan pisang ke dalam pencelup.
Karena pisang raja ini mengeluarkan gula ketika digoreng, disarankan untuk menggunakan wajan teflon agar tidak lengket. Dan itulah kenapa dinamakan Pisang Goreng Madu... karena manis gula yang keluar dari pisang raja ini.

Selanjutnya nanti akan saya coba dokumentasikan olahan2 pisang yang lain ya... *_*

2 komentar:

  1. dicampur keju, bakalan asik rasa pisangnya, pas buat hidangan keluarga, Raras lagi ingin membuat sesuatu yang spesial seperti ini. trims mbak

    BalasHapus
  2. iya mba, dicampur keju lebih yummy... silahkan mencoba :)

    BalasHapus