Senin, 17 Maret 2014

coaching and counceling

rabu besok dapet tugas untuk ikut pelatihan coaching and counceling di pacet 3 hari... malas rasanya meninggalkan si lebay echa plus si rempong ochi *secara mereka belum pernah ditinggalin emak tercintahnya selama itu*.. tapi ya sutralah, namanya tugas negara jadi musti dipenuhi...

kembali ke coaching and counceling, sebenernya nih otak dah malas banget diajak belajar hal2 begituan, tapi mau gak mau, suka gak suka tetep harus belajar kan yak *selama masih jadi buruh bayaran* :d.. yuk coba kita ulas mengenai coaching and counceling ini *biar ntar pas pelatian gak keliatan odong2 banget* wkwkwkwk

coaching

coaching menurut wikipedia adalah pelatihan atau proses pengembangan individu untuk mencapai tujuan tertentu. coaching bisa berupa pengembangan jangka panjang ataupun jangka pendek, tergantung dari tujuan apa yang akan dicapai. pengembangan inipun tidak harus bersifat formal *melalui pertemuan khusus atau lokasi tertentu* tapi bisa terjadi dimanapun, dimana seseorang yang melakukan coach atau pelatihan adalah orang yang lebih berpengalaman atau keahlian khusus menangani masalah tersebut. tujuan coaching adalah meningkatkan atau memperbaiki ketrampilan yang sudah dimiliki individu untuk berkembang secara maksimal.

Coaching juga dapat diartikan sebagai sebuah pendekatan yang membantu seseorang untuk menggali serta menggunakan potensi diri secara optimal untuk meraih kesuksesan yang layak didapatkan. Coaching membantu untuk meningkatkan prestasi secara optimal, cerdas dalam mengatasi permasalahan dan hambatan, serta mencapai tujuan yang spesifik dengan penuh semangat. 

definisi bebas ini memperlihatkan pada kita bagaimana akhirnya predikat coach diberikan kepada seseorang yang berperan membantu mengembangkan *memperbaiki* sesuatu untuk orang lain *bisa dalam kehidupan sehari2 ataupun kinerja*.

nah setelah kita tau definisi coaching, mari kita bahas lebih lanjut peranan coaching di dunia kerja. coaching biasanya dilakukan oleh atasan terhadap bawahannya *biasanya lho ya* tapi seperti definisi diatas bahwa coaching bisa dilakukan oleh rekan kerja terhadap rekan kerja yang lain karena dia punya ketrampilan dan pengalaman yang lebih banyak.

berhubung ada sedikit masalah jadi di pause dulu ya... dilanjutin besok, gak mood...

bye ><


Tidak ada komentar:

Posting Komentar